Kumpulan 125.000+ Gambar Desain Model Rumah Minimalis Pagar Kamar Utama Pintu Ruang Tamu Modern Sederhana Klasik Meja Belajar 2016

4 Tips Cara Membangun Rumah Tumbuh Secara Bertahap


Tips Cara Membangun Rumah Tumbuh Secara Bertahap - Lahan di kota yang sempit dengan harga yang mahal cenderung membuat kita harus menyiasati dengan membangun rumah tumbuh, selain itu pembangunannya pun bisa dilakukan secara bertahap. Jumlah ruang dengan tipe 45 m2 ataupun 60 m2 pun terasa kurang jika sudah mempunyai lebih dari 2 orang anak yang sudah tumbuh besar. Hanya saja jarang sekali kita mendapat tanah kavling di lahan perkotaan karena pengembang lebih suka untuk menjual langsung menjadi perumahan. Lihat juga artikel mengenai 3 Jenis Atap Rumah Minimalis Terbaru Paling Populer.
Contoh Desain Rumah Tumbuh Secara Bertahap

Desain Harus Direncanakan

Banyak kenyataan di lapangan yang tidak merencanakan rumah tumbuh seperti apa yang diinginkan. Kerugian yang tidak direncanakan dari awal biasanya banyak yang bermasalah, entah karena layout rumah berantakan, pencahayaan yang kurang, sirkulasi udara tidak bagus dan banyak lagi masalah yang lainnya. Sedangkan jika sudah direncanakan tentunya bisa meminimalisir problem yang tidak diinginkan, semisal dimana instalasi pipa air, kabel listrik sehingga walaupun semisal memakai jasa arsitek dengan bayar diawal tapi kita sudah mempunyai blueprint bagaimana bentuk rumah tumbuh yang kita inginkan.
Desain Plan Perencanaan Rumah Tumbuh Secara Bertahap

Bahan Bangunan

Enaknya ketika merencanakan rumah tumbuh berapa dana yang kita punya bisa dipakai untuk membangun. Namun yang patut diwaspadai ketika membangun rumah tumbuh adalah harga bahan bangungan yang cenderung naik setiap bulannya. Ini sangat berpengaruh terhadap jumlah total keseluruhan biaya untuk membangun rumah. Jika cukup bersabar biasanya beberapa toko bahan bangunan besar memberikan diskon yang lumayan seperti keramik, handle pintu, closet, dll pada bulan-bulan tertentu untuk menghabiskan sisa stok. Ini cukup menekan pengeluaran hanya saja untuk besi, semen, pasir dan bahan utama untuk membangun rumah jarang sekali mengalami penurunan harga.
Index Daftar Harga Bahan Bangunan 2016 Terbaru

Cek Struktur Bangunan

Jika mengembangkan rumah tumbuh secara horizontal tentunya tidak masalah karena hanya menopang atap saja dan penghuni rumah pun tidak perlu mengungsi ketika dilakukan proses pengerjaan. Tapi jika mengembangkan secara vertikal harus dicek struktur beton dan juga kolom yang akan menunjang lantai 2 apakah perlu ditambah atau sudah cukup dengan struktur yang sudah ada sekarang. Ketika sudah mempunyai blueprint rumah tumbuh, kita sudah tau dimana saja kolom yang akan ditempatkan sehingga pertama kali membangun sudah disiapkan dan tidak lagi membongkar bangunan lama. Ini tentunya lebih efisien walaupun memang akan lebih banyak menambah biaya di awal.
Struktur Bangunan Rumah Tumbuh Secara Bertahap

Cek Saluran Pipa dan Instalasi Listrik

Ketika anda meminta jasa arsitek pastikan untuk meminta juga instalasi kabel listrik dan jaringan saluran pipa air baik itu untuk air bersih, air kotor, ruang terbuka dan cahaya semisal untuk kamar tidur dan kamar mandi. Cek agar semua terhubung dengan baik dan jika memang ada yang harus ditanam/dipasang diawal membangun rumah tentunya bisa dilakukan diawal, pembongkaran dikemudian hari tentunya akan lebih banyak menambah biaya.
Contoh Rancangan Instalasi Listrik Rumah Tumbuh Bertahap

Itulah 4 tips cara untuk membangun rumah tumbuh secara bertahap agar lebih efisien dan menghemat anggaran dana yang disediakan, semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "4 Tips Cara Membangun Rumah Tumbuh Secara Bertahap"

Back To Top